Manfaat Keripik Buah

KERIPIK BUAH, SEHAT, PENUH MANFAAT

Tingginya potensi buah-buahan yang ada di beberapa daerah Indonesia belum dimanfaatkan secara optimal. Para pengusaha dan petani agrobisnis masih banyak yang sekedar menjual hasil pertanian apa adanya, tanpa diolah lebih lanjut menjadi produk makanan yang berkualitas.

Salah satu contoh pengolahan hasil bumi yang populer adalah dengan menjadikan produk siap saji yang sangat digemari masyarakat yaitu Keripik

KENAPA KERIPIK?

  1. Produk tahan lama tanpa bahan pengawet dan bahan kimia
  2. Rasa, tampilan dan aroma tidak banyak berubah.
  3. Disukai oleh semua kalangan.
  4. Kandungan Gizi tetap terjaga dengan sistem pengolahan yang tepat

Proses Pengolahan

Pengolahan buah segar menjadi kripik buah sangat sederhana, karena pada dasarrya hanya merupakan proses penguapan air dan bagian buah yang dapat dimakan. Namun demikian setiap menjaga agar rasa dan aroma khas buah tidak berubah dan kripik menjadi renyah maka proses penguapan air harus di lakukan dengan cara menggoreng buah menggunakan penggorengan bertekanan rendah / vakum / hampa.

Kandungan Zat Gizi
Kandungan gizi kripik buah yang diproses dengan alat penggoreng sistem hampa tidak jauh berbeda dengan keadaan buah segar, karena diproses dengan menggunakan suhu rendah. Hasil analisis kandungan gizi per 100 g kripik buah sebagai berikut:

Total gula : 31,7 g

Protein : 3,0 g

Lemak : 8,6 g

Serat : 4,1 g

Vitamin : 63,3 mg

Kalori :216,4 kkal

Air :5.5 g.

Berbagai Manfaat Buah

Beberapa manfaat Buah Apel

Dengan adanya vitamin, mineral serta unsur-unsur lainnya dalam buah apel, menjadikannya tergolong sebagai tanaman obat, dan dapat memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan.
Manfaat buah apel diantaranya :

  1. Serat dalam buah apel dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, menghindarkan dari serangan diare/ konstipasi. Serat ini juga berguna untuk mengurangi lemak dan kolesterol tubuh, sehingga baik dijadikan menu dalam program diet anda.
  2. Mengkonsumsi buah apel dengan cara di gigit dan dikunyah dapat meningkatkan produksi air liur dalam mulut. Hal ini dapat menurunkan tingkat bakteri dalam mulut,serta dapat melindugi gigi dari kropos serta penyakit gusi.
  3. Kandungan anti oksidan dalam buah apel dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari radikal bebas negatif.
  4. Melindungi mata dari penyakit katarak
  5. Menurunkan resiko terserang Alzheimer pada otak.
  6. Kulit apel bermanfaat untuk menghambat tumbuhnya sel-sel kanker pada payudara, lever, serta usus besar.

Manfaat nangka bagi kesehatan

Selain memberikan rasa nikmat pada mulut, kandungan gizi buah nangka juga memberikan manfaat atau khasiat bagikesehatan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Ada beberapa banfaat buah nangka untuk kesehatan. enam di antaranya seperti yang disandur dari situs nutrision and you di bawah ini  :

  1. Manfaat buah nangka, mengandung serat yang baik untuk mengatasi susah buang air besar atau sembelit. Serat ini juga bisa melindungi membran mukosa pada usus dan bisa mengingat zat karsinogen yang bisa menyebabkan kanker pada usu besar.
  2. Manfaat buah nangka dapat mencegah terjadinya resistensi terhadap penyebab infeksi dan bisa membuat terlindung dari radikah bebas yang berbahaya. Ini disebabkan karena nangka mengandung banyak vitamin Cyang bermanfaat sebagai antioksidan. ada sekitar 13,7 miligram vitamin C dalam 100 gram nangka.
  3. Manfaat nangka dapat mengembalikan tenaga pada tubuh secara langsung.  Mengapa? karena nangka mengandung gula sederhana seperti sukrosa dan fruktosa yang bisa langsung diubah menjadi energi melalui proses metabolisme tubuh.
  4. Manfaat nangka untuk menjaga kesehatan jantung, karena nangka mengandung zat yang baik bagi jantung seperti potasium, magnesium, mangan, kalium dan zat besi. Perlu kamu ketahui bahwa kalium berguna untuk mengatur detak jantung serta tekanan darah.
  5. Manfaat nangka bisa untuk mencegah kecacatan otak, karena nangka mengandung banyak asam folat, asam folat inilah yang nantinya berfungsi untuk mecegah kecacatan otak.  Vitamin B kompleks, B6, Niacin dan riboflavin juga ditemukan pada buah nangka.
  6. Manfaat nangka dapat membuat kita terhindar dari sakit kanker rongga mulut dan kanker paru-paru. Karena nangka mengandung banyak vitamin A dan antioksidan flavanoid seperti xanthin, beta-karoten, lutein, dan juga beta cryproxanthin. Selain mencegah kanker, vitamin pada nangka ini bisa juga untuk menjaga kulit dan selaput lendir.

Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan Tubuh. Rambutan adalah buah tropis yang sangat mudah di temui hampir di seluruh kawasan di Indonesia, rasanya yang manis dan segar, pasti membuat anda ketagihan ingin selalu memakan buah unik ini. Namun taukah anda, ternyata buah rambutan mempunyai manfaat yang sangat luar biasa untuk tubuh kita.

  1. Pencernaan Yang Sehat. Buah rambutan memiliki serat yang dapat membantu seseorang dari penyakit sembelit, rambutan juga dapat membunuh parasit dalam usus dan membatu meringankan gejala diare.
  2. Pembentukan Darah. Rambutan juga mengadung sedikit zat tembaga. Zat ini diperlukan sebagi sel pembentuk sel darah putih dan sel darah merah. Rambutan juga mengandung zat besi yang dapat menyembuhkan anemia.
  3. Mengandung Vitamin C. Jika anda mengkonsumsi buah rambutan sebanyak 10-12 buah rambutan. maka anda sudah mengkonsumsi 75-90 mg asam askorbat. Dan itu sudah lebih dari cukup untuk memenuhi Vitamin C harian anda. Selain itu rambutan juga mengandung anti oksidan, juga dapat mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi.
  4. Pelindung Dari Radikal Bebas. Buah rambutan ternyata mengandung asam galia yang berfungsi sebagai penagkal radikal bebas. Karena dapat melindungi dari kerusakan tubuh dari kerusakan oksidatif.
  5. Anti Kanker. Buah, biji, dan kulit rambutan telah teruji mengandung anti oksidan yang cukup kuat biasanya di sebut Flavoniod, yang dapat mengurangi kolesterol, anti kanker dan anti inflamasi.
  6. Secara Garis Besar. Rambutan mengadung gula yang cukup banyak, tapi hanya menndung sedikit kalori, itupun hanya 60 kalori di setiap buahnya. Rambutan juga mengandung Potasium, Zat besi, vitamin A, dan sedikit kalsium, magnesium, seng natrium, niacin, serat dan protein.

manfaat buah pisang

1. Menjaga kesehatan saluran pencernaan
Manfaat buah pisang yang satu ini sudah tidak bisa dipungkiri lagi karena kandungan serat yang tinggi sehingga buah ini mampu memperlancar proses pencernaan. Selain itu, buah ini baik dikonsumsi bagi anda yang mengalami susah BAB atau sembelit.

2. Membantu memperlancar peredaran darah
Manfaat pisang yang kedua ini karena kandungan kalium dan potasium yang berada dalam buah ini. Kalium dan potasium menyebabkan peredaran darah menjadi lancar sehigga oksigen mampu diedarkan secara merata hingga ke otak. Selain itu, senyawa kalium juga mampu membantu mengatur denyut jantung, mencegah stroke dan mengatur tekanan darah supaya normal.

3. Sumber tenaga
Kandungan gula pada buah pisang lebih mudah dicerna dan diubah menjadi sumber energi sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi anda yang sedang kelelahan. Manfaat buah pisang ini dapat anda peroleh dengan makan buah pisang secara langsung dan tentunya yang sudah masak.

4. Mengurangi nyeri haid
Manfaat buah pisang yang terakhir dikarenakan kandungan vitamin B6 yang cukup tinggi sehingga dapat membantu meredakan nyeri haid.

Nah, itulah beberapa manfaat pisang yang perlu untuk diketahui. Ternyata buah yang biasa kita makan sehari-hari memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan.

Manfaat Buah Pepaya :

Beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari buah pepaya :

1. Sangat baik bagi anda yang sedang dalam program diet karena memiliki banyak kandungan gizi dan rendah kalori
2. Kulit pepaya dapat dimanfaatkan untuk membantu penyembuhan luka di kulit
3. Kaya akan kandungan anti-inflamasi dan anti kanker
4. Bisa mengatasi masalah sembelit dan gangguan pencernaan karena kandungan seratnya yang cukup tinggi
5. Meningkatkan daya tahan tubuh karena kaya akan kandungan vitamin C
6. Mampu mencegah peningkatan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes
7. Membantu pertumbuhan rambut dan menghambat munculnya ketombe
8. mencegah penuaan dini karena kaya akan kandungan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas

Dan juga manfaat buah pepaya bagi kesehatan yang lainnya. Dengan mengonsumsi pepaya kita ibaratnya sekali mendayung 2,3 pulau terlampaui. Selain pepaya memiliki rasa yang enak juga mampu menghilangkan dahaga dengan kesegarannya, memperkuat daya tahan tubuh, mencegah penuaan dini dan mampu menjaga kecantikan kulit. Dengan begitu apalagi alasan untuk tidak memasukkan pepaya dalam menu harian kita.

Tinggalkan komentar